Struktur Dan Devisi

Layaknya sebuah organisasi, tentunya Palu Coin A Chance memiliki struktur yang didalmnya terdiri atas beberapa jabatan diantaran ada koordinator pusat dan juga koordinator divisi yang akan bertanggung jawab akan tugasnya masing-masing.


Koordinaor Regional : PRESIDEN 

PRESIDEN adalah Koordinator Regional yang mengkoordinir seluruh aktivitas Palu Coin A Chance (PCAC) yang berlangsung mengatas namakan PCAC
dimana tugas dari Presiden adalah :
1. Mengkoordinir dan memantau seluruh aktivitas dibawah kementerian PCAC selama 1 tahun masa bakti
2. Mewakili atau merekomendasikan/menunjuk perwakilan untuk wawancara dengan media
3. Memimpin evaluasi dilakukan 6 bulan sekali
4. Bila sewaktu2 ada permaslahan yang urgen dapat dengan segera mengundang koordinator untuk melakukan konsolidasi
5. Berkoordinasi dengan semua kementerian terutama bila Akan melakukan publikasi terkait ke PCACan

Koordinator Pendampingan : MENTERI BIDANG PENDAMPINGAN

Divisi pendampingan adalah divisi yang mengurusi adik asuh CACPalu! secara langsung, berinteraksi dengan mereka, menjalin komunikasi, dan menanamkan nilai-nilai positif ke adik-adik asuh CACPalu!
Divisi pendampingan merupakan pihak penghubung antara sekolah-adik asuh -komunitas CACPalu!

Divisi ini memiliki sejumlah kakak pendamping yang nantinya akan dibagi menjadi beberapa tim pendampingan yang akan mendampingi beberapa adik asuh dalam hal pendidikan baik akademis maupun non akademis, bertindak sebagai motivator, dan penghubung CACPalu dengan keluarga serta pihak sekolah.

Fungsi utama tim pendampingan adalah mendampingi, memberi, dan menginspirasi. Mendampingi cara belajar adik asuh serta mendampingi orang tua untuk tetap mendukung pendidikan anaknya.
Memberi perhatian dengan

menjalin komunikasi intensif dengan adik asuh, orang tua, dan sekolah. Membantu adik adek asuh untuk mengetahui cita-citanya dan mendorongnya untuk meraih cita-cita tersebut. Menginspirasi dengan memberi dukungan, memotivasi adik asuh, dan membuka wawasan adik asuh dengan memperkenalkan berbagai macam pengetahuan, profesi, dan aktivitas yang bermanfaat dan bernilai luhur.

Kapasitas tim pendampingan adalah sebagai pihak ketiga (pihak liar) yang masuk ke lingkup keluarga adik asuh atas nama komunitas Coin A Chance! Tim pendampingan menjaga hubungan profesional sehingga tidak terjadi overlap dan over expectation antara peran kakak pendamping dan orang tua. Banyak kisah dan pelajaran akan terjadi selama menjadi relawan divisi pendampingan; menginspirasi dan terinspirasi. Yang pasti, menjadi relawan divisi internal berarti ambil bagian sebagai pembentuk generasi penerus bangsa. KITA MENDAMPINGI, KITA BERBAGI, KITA MENGABDI.

Koordinator Bidang Event : MENTERI BIDANG EVENT

Divisi Event adalah divisi yang bertugas untuk merencakan, melaksanakan, dan melaporkan seluruh kegiatan yang diadakan CACPalu.
Kegiatan yang diadakan di CACPalu ini memiliki dua kategori yaitu kegiatan rutin dan kegiatan insidental. Kegiatan rutin CACPalu antara lain seperti Coin Collecting Day yang biasanya diadakan tiap bulan dan Coin Dropping yang dilaksanakan awal semester baru.

Sedangkan kegiatan insidental yaitu kegiatan-kegiatan yang bekerja sama dengan komunitas lain atau dengan pihak luar yang melibatkan CACPalu.

Contoh kegiatan insidental adalah menghadiri undangan atau menjalin kerjasama dari komunitas atau instansi sebagai ajang untuk mengkampanyekan CACPalu. Anggota divisi event harus suka dengan dunia Event Organizer, mempunyai ide-ide yang menjadi trobosan dalam mengkampanyekan CACPalu maupun kegiatan-kegiatan yangmenunjang perkembangan adik asuh maupun volunteer dari CACPalu

Koordinator Bidang Kreasi dan Publikasi : MENTERI BIDANG KECIPTAKARYAAN

Divisi kreasi dalah salah satu bagian dari Coin A Chance Palu yang mempunyai tugas memberikan informasi baik secara textual maupun visualisasi tentang CACPalu ke khalayak umum mengenai kegiatanapa saja yang sedang dilakukan atau dikembangkan untuk dapat mencapaitarget dari cita-cita CACPalu.
Kegiatan-kegiatan yang dilakukan oleh divisikreasi adalah:
1.Social media, mengelola twitter, facebook dan website yang merupakansarana untuk memberikan informasi dan berinteraksi dengan masyarakat umum.
2.Design, membuat dan mengelola kegiatan-kegiatan mendesain yang digunakan untuk menambah nilai dari informasi yang disajikan (poster kegiatan, newsletter, kalender,dll) dan juga marchandise dari CACPalu (Kaos, totebag, pin,dll)
3.Jurnalis, mengelola berita dan dokumentasi (foto maupun video) di setiap kegiatan yang diadakan oleh CACPalu !, mencari berita-berita yang berhubungan dengan pendidikan.
4.Sekretaris, mengelola data base adik asuh, volunteer, coiners, coin dropers, serta donatur, serta mengelola kegiatan surat menyurat dan kerjasama dengan komunitas lain.

Koordinator bidang Keuangan : MENTERI BIDANG KEUANGAN

Divisi keuangan bertanggung jawab mengawasi pergerakan, rekapitulasi serta pelaporan dari keuangan yang ada di rekening CACPalu, serta menjalin komunikasi dengan donatur tetap yang secara langsung memberikan donasi untuk kegiatan belajar dari adik asuh. Didalam divisi keuangan dibentuk sub divisi dropzone yang bertugas untuk menjalin silaturahmi yang baik dengan pihak-pihak atau tempat-tempat yang secara resmi terpilih maupun yang akan diajukan sebagai dropzone CACPalu.

Selain itu sub divisi dropzone bertugas sebagai sub divisi pengumpul koin. Karena dalam sub divisi ini akan menyebarkan celengan ke beberapa tempat umum yang mengadopsi gerakan CACPalu dan secara resmi mengumpulkan koin-koin serta menyalurkannya melalui CACPalu dan jaringannya. Sub divisi ini yang akan mengecek perkembangan jumlah koin yang dikumpulkan pada tiap tempat dimana terdapat celengan CACPalu.

Koordinator Bidang Administrasi : MENTERI BIDANG ADMINISTRASI

Divisi adminisitrasi adalah divisi yang bertangung jawab atas segala data mengenai Palu coin a chance itu sendiri baik jumlah anggota , adik asuh, saldo, dll.